2014/07/11

Siswi SMA Rembang Raih Medali Emas di Jepang

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Angger Putri Tanjung, siswi SMA 1 Rembang menorehkan prestasi cemerlang di tingkat dunia. Dia meraih medali emas dalam lomba seni siswa SMA se Asia Pasifik 2014 di Tokyo Jepang, Juli 2014.
''Alhamdulillah, saya mendapat medali emas untuk kategori poster. Saya diundang untuk presentasi di depan dewan juri di Tokyo Art Center, Jepang,'' katanya.
Poster Angger dengan judul Tolerance is Beautiful dan presentasinya telah meyakinkan dewan juri untuk menetapkan dia sebagai juara dalam lomba yang diikuti 135 negara itu.
''Di Jepang saya presentasi tentang konsep poster yang saya buat dalam Bahasa Inggris. Saya sedikit grogi karena berada di negeri orang,'' kata Angger.
Angger menjelaskan judul itu berasal dari ide saat jalan-jalan di Yogyakarta. Dia melihat seorang ibu tua berpakaian sederhana berjualan grontol (jagung pipil godog) di depan toko emas.
Yang ternyata sama pemilik took emasnya tidak diusir. ''Toleransi yang yang saya lihat antara penjual emas kepada penjual grontol inilah yang saya tuangkan menjadi judul poster,'' katanya.
Angger menjelaskan toleransi adalah cahaya kehidupan. Toleransi itu digambarkan dalam bentuk rajutan. Dan untuk menopang toleransi itu harus ada empat penopang yang tergambar dalam bentuk 4 orang.
''Dalam filosofis Jawa, empat orang tersebut adalah teken, tekun, tekan dan temoto. Teken itu pegangan hidup, tekun serius, tekan sampai dan temoto itu tertata,'' tuturnya.
Jadi makna yang terkandung dalam poster adalah apabila semua orang menjunjung tinggi toleransi maka kehidupan ini akan temata (tertata)
Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/07/11/209108/Siswi-SMA-Rembang-Raih-Medali-Emas-di-Jepang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews